Voice of Words

Mari Mengenal Lebih Dekat Vocaloid

1
Sudah lama sekali ingin mengangkat topik ini, tapi baru kesampaian sekarang. Sedikit memberikan informasi yang bersifat umum dan dasar saja. Kalau membahas yang khusus 1 minggu juga tidak ada habisnya.
(∩❛ڡ❛∩). Are u ready guys?! Let's party!!! (≧∇≦)/


Vocaloid merupakan perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari "pustaka suara" yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris, Bahasa Korea atau bahasa Jepang, sekarang bahkan sudah ada bahasa spanyol.




Dengan kata lain, kita cuman membuat lirik lagu menggunakan aplikasi ini, bila perlu dengan menambahkan berbagai macam efek sound lainnya agar lebih menarik. Lalu je.... jrengg karya musik kalian sudah jadi. Walau kamu tidak bisa menyanyi atau menyewa seorang penyanyi. Serahkan saja pada vocaloid.

Sejarah Singkat Vocaloid

Vocaloid merupakan projek internasional dari ide kreatif seorang bernama Kenmochi Hideki atau lebih dikenal sebagai "Bapak" dari vocaloid. Beliau yang pertama kali melontarkan ide ini pada tahun 2000 di Jepang. Lalu mulai mengembangkan penelitiannya lebih jauh lagi di Universitas Pompeu Fabra di Spanyol. Pada saat itu tak ada niat dan pikirannya untuk menjual atau menjadikannya sebagai peluang bisnis. 4 bulan kemudian dengan menggunakan desain vocaloid pertama, yang berhasil mengucapkan kata pertamanya "asa" yang berarti "pagi". Suatu penantian yang terbilang cukup lama.

Vocaloid pertama Leon (Pria) dan Lola (Wanita) dirilis untuk pertama kali di NAMM Show pada 15 Januari 2014. Dilanjutkan dengan rilisan oleh Studio Zero-G 3 Maret 2004 di Jepang. Sempat mendapatkan perhargaan "Electronic Musician Editor's Choice Award" pada event Wired Nextfest tahun 2005. Pihak zero-G juga mengeluarkan Vocaloid Miriam dengan Bank suara berasal dari Miriam Stockley tahun 2004. 

Tahun berikutnya barulah Crypton Future Media mengeluarkan vocaloid pertama mereka Meiko. Jadi untuk vocaloid pertama yang dikeluarkan oleh Crypton Future Media adalah Meiko, bukannya Hatsune Miku, Miku adalah vocaloid rilisan pertama versi Crypton Future Media untuk engine vocaloid2. Itulah kenapa kode 00 diberikan kepada Meiko sedangkan Miku 01. Sedikit meluruskan pemahaman beberapa teman yang masih salah paham akan hal ini.

Untuk engine vocaloid sampai sekarang baru terdiri dari 3 versi :

Vocaloid 1

Versi pertama Vocaloid yang dirilis pada Januari 2004. Pada versi ini belum terlalu banyak dikenal namun inilah awal dari kebangkitan vocaloid.


Vocaloid 2

Dengan dikeluarkannya versi update yang kedua pada tahun 2007, maka dimulailah masa kejayaan vocaloid hingga seperti sekarang ini. Sebagian besar memang karena pengaruh kepopuleran Hatsune Miku (Notice me hime'sama). Bagi yang belum tahu, vocaloid pertama yang dirilis untuk vocaloid versi kedua adalah Sweet ANN, ia dua bulan lebih tua loh dari Hatsune Miku.


Vocaloid 3

Update terbaru dari vocaloid yang diluncurkan pada bulan Oktober 2011. Pada versi ini variasi karateristik suara dan kualitas juga semakin baik dari sebelumnya.


Selain ketiga versi diatas dibuat pula versi khusus " Vocaloid Neo" untuk pengguna Apple's OS X dengan sample dari versi vocaloid3. Tidak hanya di Jepang Vocaloid merambah namun juga telah masuk di negara-negara lain seperti Spanyol dengan Bruno dan Clara Vocaloid, China dengan Luo Tianyi dan Yanhe Vocaloid, Bagian Korea dengan SeeU Vocaloid dan terlebih lagi pada Inggris maupun Amerika.


Oh iya ada yang tahu Kasane Teto tidak??. Sampai saat ini banyak yang mengira kalau Teto itu salah satu vocaloid padahal kenyataannya, Kasane Teto merupakan rekayasa atau troll "Vocaloid" dari para fans yang dibuat dari Softwere bernama "UTAU" (Menyanyi) yang dapat didownload gratis, tidak seperti Vocaloid, Vocaloid2 dan Vocaloid3 sebuah produk komersial yang dijual. Adapun tujuan para fans tersebut hanya untuk merayakan April Fools. (Wah niat amatt... )

Tak ada yang menyangka kan?! Vocaloid bisa dikenal secara global.., termasuk saya yang sejak tahun 2009, senang mendengarkan lagu-lagu Vocaloid. Saya rasa salah satu kunci kesuksesan Vocaloid juga berasal dari para VocaPro (Vocaloid Producers). Bicara soal karya-karya mereka tak akan ada habisnya selama belum ada pelarangan membuat lagu, pastinya tiap hari akan terus bermunculan lagu baru. hmm.. beberapa VocaPro yang saya anggap bagus seperti: Mitchie M, Deco*27, Honeyworks, Camellia, Keeno, Ryo, OSTER Project dan masih banyak lagi. (mau ngabsen satu-satu, imposibruuu).


Hmm.... Sampai disini saja dulu pembahasannya. Untuk pembahasan mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi vocaloid, jangan tanya yah (▰˘◡˘▰). Saya cuman penikmat musik vocaloid yang masih banyak belajar, bukan seorang producers lagu (#⌒∇⌒#)ゞ.


Mungkin dari kalian sudah ada yang lebih tahu banyak mengenai Vocaloid. Ditunggu komentarnya biar bisa sharing informasi dan meyebarkan demam Miku vocaloid ☆-(´>ω・`)b

Sumber referensi : vocaloid.wikia


1 komentar: Leave Your Comments