Voice of Words

10 Anime Terbaik Tahun 2007 Pilihan Tim AM-R

3
Tiba lagi saatnya tim kami membuat postingan 10 anime terbaik pada tahun 2007 yang sebelumnya juga sudah sedikit membahas mengenai tahun 2005 dan tahun 2006. Dikarenakan kesibukan RL akhirnya baru terlaksana sekarang hehehe. hmm....bicara soal tahun 2007 sepertinya memang tahun yang pas untuk menonton anime dengan genre mecha, yah mungkin alasannya memang banyak anime mecha populer menghiasi tahun 2007.



10) Bokurano: Ours - "Bertarung Lalu Mati"

Ini mengenai anak-anak yang mengendalikan robot lalu bertarung melawan robot lain dari dunia paralel. Kedengaran seru bukan?!, shounen materialnya benar-benar terlihat. Tapi sebenarnya lebih dari itu. Drama dan intensitas pertarungan antara robot raksasa dengan efek animasi yang cukup realistas merupakan senjata utama dari Bokurano.


Pertemuan antara kokopeli, seorang yang mengaku sebagai programer game dan 15 anak-anak yang sedang melakukan camping musim panas, merubah takdir mereka sekaligus nasib dunia ada ditangan mereka. Percayalah ini lebih dari sekedar pertarungan antara sesama robot!!!

9) Seto no Hanayome - "Kocak dengan Komedi Menyegarkan"

Tenggelam lalu diselamatkan oleh seorang putri duyung yang cantik jelita, mungkin salah satu impian para jomblo di dunia ini hehehe. Siapa yang tidak mau coba?!, tapi sayangnya impian tak sejalan dengan harapan dan itulah yang dirasakan oleh Nagasumi Michishio terpaksa menikahi Sun Seto, putri duyung yang telah menyelamatkan sebelumnya. Sudah menjadi peraturan duyung jika mereka terlihat oleh manusia, maka salah satu dari manusia atau duyung harus dieksekusi, demi menyelematkan nyawa keduanya Nagasumi dan Sun, kedua keluarga setuju untuk menikahkan mereka.


Apa sudah berakhir?! ternyata perjalanan cinta Nagasumi tidak berakhir dengan indah, sebagian besar pihak keluarga Seto, yang juga salah satu keluarga besar yakuza jepang menentang pernikahan ini. Maka dimulailah kisah pasangan mesra dengan bumbu romantic comedy yang akan mengocok perut kalian hingga akhir cerita. Bayangkan saja bila ayah mertuamu seorang yakuza yang akan melakukan segala cara untuk memisahkan istrimu dengan segala cara. Dead or die (*≧▽≦)ノシ))

8) Higurashi no Naku Koro ni - "Hati-Hati Dengan Moe"

Awal cerita kita dihadirkan dengan beberapa karakter moe yang mungkin bisa membuatmu berkata "itu waifuu saya atau itu imouto saya", keseharian Keiichi Maebara, anak laki-laki yang belum lama pindah dari kota ke desa  terpencil bernama Hinamizawa. Bersama dengan tema-teman barunya Rena Ryugu, Mion Sonozaki, Rika Furude dan Satoko Houjo, mereka menghabiskan waktu sepulang sekolah dengan bermain kartu dan hal-hal mengasyikan lainnya.


Seperti telah dikagetkan, desa Hinamizawa kini menjadi desa yang penuh dengan misteri kejadian-kejadian aneh hingga tindak pembunuhan. Keiichi menjadi bingung dengan apa yang terjadi?, warga desa mempercayai ini adalah kutukan Oyashiro, dewa yang dipercayai turun-temurun melindungi desa. Satu demi satu teman-temannya berubah menjadi karakter yang paranoid. Setiap arc episode akan menampilkan berbagai macam kejadian yang natinya akan menghubungkan misteri satu sama lain, mengenai apa kebenaran dari kutukan Oyashiro. Apa memang sebuah kutukan atau ada latar belakang masalah yang lebih fundamental di desa Hinamizawa. Pesan dari tim kami, disarankan tonton sampai season terakhir, jangan berhenti dan jangan tertipu dengan karakternya.

7) Darker than Black - "Tak Sehitam Apa yang Anda Bayangkan"

Sudah cukup banyak melihat serial yang mengangkat kekuatan khusus, namun baru pertama kali melihat yang benar-benar total mengekspolitasi pengembangan karakter sekaligus alur cerita dengan tingkatan baru yang agak kompleks tetapi bisa dimengerti penontonnya. Wajarlah kalau serial ini pernah mendapat penghargaan "Best Original Anime of The Year" oleh GoGoplex, sebuah majalah populer bagi remaja tahun 2007 pada Japan Media Arts Festival.


Hei, seorang pembunuh yang memiliki kekuatan khusus, ditempatkan dalam berbagai misi pembunuhan yang terkadang mustahil untuk dilakukan. Perjalanannya bersama Yin, bisa membuatmu betah menonton seharian loh.

6) 5 Centimeters Per Second "Di Saat Jarak Memisahkan Kita"

Salah satu karya populer Makoto Shinkai yang hadir dengan artwork animasi indah dengan intesitas detail dan pewarnaan luar biasa. Pernah memenangkan penghargaan Lancia Platinum Grand Prize kategori "Best movie in animation or Spesial effect" pada Future Film Festival dan penghargaan "Best Animated Feature Film" pada Asia Pasific Screen Awards. Dengan kata lain keindahan dan hebatnya artwork film ini jangan ditanya lagi. Makoto Shinkai sendiri menjelaskan arti dari 5 centimeter per second menggambarkan kecepatan bunga sakura yang jatuh, bunga sakura mewakili metafora lambatnya kehidupan manusia yang awalnya selalu bersama namun perlahan-lahan akan terpisah demi menempuh kehidupannya masing-masing.


Film ini terbagi atas 3 arc, Arc pertama Cherry Blossom menceritakan hubungan antara Takaki Touno dan Akari Shinohara semenjak sekolah dasar. Arc kedua Cosmonaut menceritakan Takaki telah menjadi siswa SMA, dan sudah tidak lagi berhubungan dengan Akari karena satu dan lain hal, pada arc pertama akan dijelaskan. Akan ada seseorang yang menyukainya di sekolah ini. Dan arc terakhir 5 centimeters per second, di mana klimaks sebuah cerita akan dieksekusi. Apa yang akan dilakukan oleh Takaki dan apa yang sedang dilakukan oleh Akari, di saat Takaki menanti jawaban dan penantian yang tidak pasti. Apa Akari sudah melupakan semua janjinya?! Nontonlah dan cari jawabannya sendiri.. Pesan dari tim kami; resapi, pahami dan khayati lagu endingnya "One more time, one more chance". Salam galau dari kami *plaksss

5) Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone - "Bongkar-Bongkar Cerita Lama"

Dengan mengubah beberapa skema cerita, pada versi rebuild ini. Evangelion terlihat semakin menyakinkan dengan plot yang agaknya tidak akan terlalu membuat bingung seperti pada serial TVnya. Apa iya yah?! hehehe. Sebelum mengarah pada cerita mari kita lihat penghargaannya apa saja:
  • Mendapatkan penghargaan "Anime of The Year" pada Tokyo Internation Anime Fair dan Hideaki Anno menerima penghargaan sebagai "Best director" tahun 2008
  • Mendapatkan penghargaan "DCAJ Chaiperson Award" pada Digital Contens Grand Prix ke-22 di Akihabara tahun 2007
  • Mendapatkan penghargaan "Toukaimura Genpachi Award" pada Japannese Otaku Awards ke-7 tahun 2008
  • Mendapatkan penghargaan "Theatrical Film Award" pada Animation Kobe Awards tahun 2008.

Tidak terlalu berbeda pada TV Series, NERV masih sibuk mengurus Angel yang turun ke bumi demi menghancurkan dunia dan Shinji yang dipaksa mengendarai Evangelion Unit- 01 oleh ayahnya tersayang. Pada bagian artwork tentu saja 4 kali lipat lebih baik daripada versi sebelumnya dan memang dengan budget yang lebih besar. Tanpa terlalu terpaku pada TV series, versi rebuild terlihat lebih mudah dipahami dengan pengembangan yang lebih baik lagi. Terlebih pada konflik dan emosi para karakter.

4) Baccano! - "Jangan Bingung, Hayati dan Dinikmati Saja"

Sangat sulit menjelaskan serial yang satu ini akibat alurnya yang maju mundur antara tahun 1930, 1931, 1932. Perbedaan tempat dan waktu cukup membuat cerita menjadi semakin kompleks, tahun 1930 sepasang ilmuwan yang sibuk mencari ramuan keabadian yang melibatkan perang antar mafia, tahun 1931 berbagai macam kejadian aneh yang terjadi di kereta "Flying Pussyfoot", dan tahun 1931 cerita mengenai anak perempuan yang sedang mencari kakaknya yang hilang. baccano memiliki storyline yang tidak terpaku pada satu tokoh utama, lebih dari 20 karakter memiliki storyline masing-masing yang sangat menonjol, membuat alur cerita menjadi lebih luas, semakin kamu menontonnya akan ada berbagai macam kejadian tak terduga yang muncul. tentu saja ha ini akan memunculkan banyak tanda tanya besar dan rasa penasaran.


Aspek terbaik dari baccano adalah ceritanya itu sendiri, berbagai macam "random event" yang nantinya menjadi satu bagian cerita besar yang memiliki hubungan satu sama lain. yang menyukai tipikal cerita seperti "Durarara" kemungkinan besar akan menyukai Baccano. dan memang penulisnya dari orang yang sama. saya sarankan menontonnya fokus. melewatkan beberapa scene bisa berakibat fatal pada pemahaman isi cerita nantinnya. Tetap fokus yah!!.

3) Mobile Suit Gundam 00 - "Jauh Dari Kata Bosan, Thanks Celestial Being"

Tahukah kamu?! Projek Gundam 00 dibuat oleh kurang lebih 300 orang dan dibuat dengan perencanaan kurang lebih 2 tahun sejak tahun 2005, dibandingkan dengan series gundam lainnya Gundam 00 memilik staf yang lebih banyak. Akibat detail desain Mobile suit yang aktraktif dan memanjakan mata. Politik, konflik, drama, pertarungan besar-besaraan antara sesama kubu aliansi. itulah alasan kenapa setiap tahunnya para fans tetap menunggu dengan manis. Gundam 00 pernah dinominasikan sebagai "NEO Award For Best Anime" tahun 2009 di Inggris. Para seiyuunya pun tidak mau kalah dengan menyabet berbagai penghargaan. Mamoru Miyano (Setsuna F Seie) memenangkan "Best Voice Actor" pada Tokyo International Anime Fair tahun 2008 dan Hiroshi Kamiya (Tieria Erde) memenangkan "Best Supporting Male Characters" pada Seiyuu Awards 2008.


Menghancurkan lalu membuat ulang tatanan dunia kembali merupakan tujuan utama Celestial Being. Keterlibatan 3 blok kekuatan utama; Union, Human Reform League, dan AEU memperpanjang permasalahan dan berakhir menjadi perang memperebutkan energi dan teknlogi. Perang dan perang lagi, itulah yang diinginkan para penggemarnya. Dilengkapi dengan misteri-misteri dan berbagai karakter menarik yang muncul menjadikan Gundam 00 masih tetap menjadi salah satu favorit tim kami. *Mari selamatkan dunia dengan cintaaa... (⑅ ‘﹃’ )

2) Clannad - "Salah Satu Karya Terbaik Key Studio"

Pasti sudah banyak yang telah menonton series populer ini. Banyaknya review positif telah banyak bermunculan sejak pertama kali Clannad ditayangkan, hingga akhirnya menjadikan Clannad begitu populer dikalangan anime lovers. Penyajian cerita permasalahan tiap karakter pada season satu begitu mudah dikhayati, kita tahu apa yang ingin disampaikan, apa yang dirasakan tiap karakter didalamnya dan itu memang tujuannya. Menyenangkan, tertawa, sampai terharu dibuatnya.


Keluarga dan persahabatan 2 kata sederhana namun memberikan kesan yang mendalam begitu pula Clannad. Pertemuan Tomoya Okazaki dan Nagisa Furukawa mengawali kisah yang tak akan pernah dilupakannya. Entah kenapa cukup mudah membedakan antara heroine satu dengan heroine lainnya, apa ini kekuatan Moe?!, mungkin alasannya kesan impact yang diberikan tiap arc membekas dimulai dari Ryou Fujibayasi, Kotomi Ichinose, Tomoyo Sakagami, dan tidak lupa si kecil penggemar bintang laut Fuko Ibuki. "Dango Daikazoku" mendengar pengantar lagu endingnya rasanya memiliki sebuah keluarga itu adalah hal yang paling membahagiakan, dan mungkin memang itu yang ingin disampaikan penulis skenario Jun Maeda. Dan dari sepengetahuan saya Clannad memiliki artian "Keluarga" dalam bahasa Irlandia. Mari kita akhiri dengan quote dari Ichinose Kotomi. "The day before yesterday, I saw a rabbit. Yesterday, it was a deer. And today, It’s you."

1) Gurren Lagann - "My Drill...is...The Drill that's Gonna Pierce The Heavens!"

Sampailah kita pada peringkat teratas anime nomor satu pilihan tim kami, dan akhirnya jatuh kepada TV anime Gurren Lagann (ノ◕ヮ◕)ノ*:・゚✧ (Yattaaa).


Jangan pernah menyerah, percaya pada dirimu sendiri dan semangat yang tidak pernah padam. Itulah kata kunci power bank Gurren Lagann. Skala pertarungan anime mecha terbesar yang pernah ada, didukung dengan artwork unik gaya studio Gainax benar-benar memberikan kejutan ledakan bagi penontonnya. Tidak salah kalau Gurren Lagann mendapatkan beberapa penghargaan atas kesuksesannya:
  • Menerima penghargaan "Excellence Prize" pada Japan Media Arts Festival tahun 2007.
  • Director Hiroyuki Imaishi Menerima penghargaan "Personal Best" pada Animation Kobe ke-12 tahun 2007
  • Menerima penghargaan "Best Television Production" pada Tokyo Anime Awards ke-7 di Tokyo International Anime Fair tahun 2008 sekaligus penghargaan "Best Character Design" kepada desainer karakter Atsushi Nishigori.
Bicara soal pengembangan karakter tokoh utama, dengan pengorbanan The Great Kamina. Ruang untuk Simon bisa berkembang sangat bisa tereksplorasi hingga arc terarkhir. Inilah alasan kenapa moment heroicnya sangat kerasa bagi penggila shounen material. dan untuk tragedi menyedihkan pada pengunjung cerita tampaknya bukan hanya penonton yang bersedih atas kejadian ini. Para staf projek Gurren Lagann juga merasakan hal yang sama. Entahlah kenapa endingnya berubah menjadi tragedi sangat menyedihkan terlebih Nia Teppelin merupakan salah satu karakter favorit saya. (Wah, jadi teringat kembali). Tapi kalau dilihat dari sisi positifnya impact yang diberikan begitu besar khususnya saat event pernikahan itu. "cerita yang menganggumkan namun terasa sesak di dada". Saya pikir penonton juga ikut bertarung, maksudnya pertarungan "Feels". Kalau ada yang bertanya ini anime seperti apa, jawab saja begini, "JUST WHO THE HELL DO YOU THINK WE ARE?!" *really love this quote ...

Oke deh, Sankyuu sudah membaca sampai akhir, sampai jumpa di lain kesempatan ☆-(´>ω・`)b


Sumber tambahan referensi :
Tim AM-R
wikipedia


3 komentar: Leave Your Comments