Voice of Words

KAGEROU PROJECT (KagePro)

1
Kali ini, mencoba untuk mengangkat pembahasan mengenai "Kagerou Project". Mungkin sudah banyak yang tahu, tapi tidak ada salahnya untuk membahas kembali, sapatahu bisa memberikan pemahaman lebih mengenai Mekakucity Actors yang lagi tayang musim ini, . Dibantu oleh izumi (Admin Page AM-R), mari mengenal lebih jauh MekaMeka Dan Mekakushi Dan.



Kagerou Project (KagePro) adalah kumpulan lagu karya Shizen no Teki-P, atau lebih dikenal sebagai Jin. Lagu-lagu karyanya saling menyambung dan membentuk cerita. Kagerou Project sudah mendapat adaptasi novel ringan dan manga.Jin juga telah merilis album Mekakucity Days, yang berisi kumpulan lagu-lagu KagePro.


Novel pertamanya berjudul Heat Haze Days - in a daze- bercerita seputar kejadian di lagu Kagerou Days. Sedangkan Novel keduanya berjudul Heat Haze Days -a headphone actor- sebagian besar mengisahkan tentang Enomoto Takane. dan volume selanjutnya berjudul - Children Reason-  kemudian dilanjutkan dengan volume keempat - Missing Children  - .


Tim KagePro terdiri dari 3 orang, Jin, Shidu, Wannyanpuu. Jin membuat cerita dan lagu. Shidu membuat desain karakter dan illustrasi untuk novel. Wannyapu membuat illustrasi dan PV.

- ARTIFICIAL ENEMY -

[Singer: Hatsune Miku]

Artificial enemy ini bercerita tentang Ene (Ene adalah singkatan dari Enemy). Ene adalah sebuah program yang tinggal di dalam komputer seorang pemuda bernama Kisaragi Shintaro. Ene awalnya adalah seorang gadis bernama Enomoto Takane sebelum ia kehilangan tubuhnya (dikisahkan di lagu Headphone Actor). Kekuatan Ene adalah mata yang tidak pernah menutup.


 

- BLINDFOLD CODE -

[Singer: Hatsune Miku]

Lagu ini bercerita tentang Kido Tsubomi. Kido adalah anggota pertama alias pencipta Mekakushi-dan. Walaupun Kido adalah perempuan, ia suka menggunakan kata 'ore' untuk menyebut dirinya sendiri (perempuan seharusnya memakai 'watashi'). Kido berasal dari panti asuhan yang sama dengan Kano dan Seto. Kekuatannya adalah menghindari perhatian orang.



- KAGEROU DAYS -

[Singer: Hatsune Miku]

Kagerou days adalah lagu terpopuler dari seri Kagerou project ini. Lagunya bercerita tentang Amamiya Hibiya dan Asahina Hiyori di suatu siang hari di musim panas. Hibiya berusaha menyelamatkan Hiyori yang terbunuh karena kecelakaan. Walapun waktu terus berulang, Hibiya tidak pernah berhasil menyelamatkan Hiyori. Kemampuan Hibiya adalah memfokuskan mata.



- HEADPHONE ACTOR -

[Singer: IA]

Headphone actor bercerita tentang Enomoto Takane sebelum ia kehilangan tubuhnya dan menjadi Ene. Takane mendengar suara dari headphonenya yang menyuruhnya pergi ke seberang bukit, di sana ia bertemu dengan beberapa ilmuwan yang mengubahnya menjadi Ene.



- IMAGINATION FOREST -

[Singer: IA]

Atau dapat pula diartikan "Hutan Fantasi", lagu kelima yang menceritakan masa lalu mary dan bagaimana dia bisa bergabung dengan Mekakushi Dan.



- KONOHA NO SEKAI JIJOU -

[Singer: Hatsune Miku & IA]

Lagu ini bercerita tentang Konoha yang setiap hari bermimpi tentang kejadian tragis di lagu Kagerou Days. Konoha ingin menolong Hibiya dan Hiyori tetapi tidak bisa. Konoha memiliki amnesia. Dia tinggal di rumah saudaranya Hiyori sebagai anak angkat. Konoha adalah anggota Mekakushi-dan kesembilan, kekuatannya belum diketahui.




- KISARAGI ATTENTION -

[Singer: IA]

Menceritakan idol populer cantik bernama momo, dikejar-kejar oleh para penggemarnya hingga bertemu dan bergabung dengan Mekakushi Dan, Memiliki kekuatan "Mata Pemikat", membuat mata semua orang bisa tertuju padanya, sangat bertolak belakang sekali dengan kekuatan mata Kido :3



- CHILDREN RECORD -

[Singer: IA]

Lagu opening kagerou project, dengan jumlah lebih dari 2,3 juta views menjadikan lagu terpopuler kedua setelah Kagerou days. menampilkan seluruh karakter Mekakushi Dan. dan menceritakan kisah Mata para anak-anak (Mekakushi Dan) yang terbangun.



- YOBANASHI DECEIVE -

[Singer: IA]

Menceritakan tentang Shuuya Kano, anggota ketiga dari Mekakushi Dan. yang terus berbohong untuk menyembunyikan keanehan yang terjadi pada dirinya dan sekitarnya, terlebih untuk alasan masa lalunya yang suram. Kekuatan matanya "Mata yang dapat menipu persepsi orang lain"



- LOST TIME MEMORY -

[Singer: IA]

Menceritakan tentang Shintaro yang depresi dan penyesalan yang terus berulang setelah ditinggal Ayano. Akan ditampilkan beberapa route dunia dimana keadaan shintaro akan berbeda satu sama lain.



- Ayano's Theory of Happiness -

[Singer: IA]

Menceritakan Ayano yang selalu memikirkan keluarganya dan suatu hari ada 3 orang anak yang diadopsi oleh orang tuanya Kano,Seto dan Kido. sejak saat itu Ayano selalu berusaha menjadi kakak yang baik bagi 3 orang adiknya, agar mereka selalu tetap tersenyum dan tertawa bersama.



- OTSUKIMI RECITAL -

[Singer: IA]

Menceritakan Kisaragi Momo yang ingin menyemangati Amamiya Hibiya karena si Hibiya ini menjadi murung dan kehilangan semangat hidupnya setelah keluar dari Kagerou Daze dan kehilangan sahabatnya, Asahina Hiyori. Makanya Momo ingin membantu Hibiya agar kembali bersemangat!



- YUUKEI YESTERDAY -

[Singer: IA]

Menceritakan perasaan Takane Enomoto terhadap Haruka Kokonose. Terjadi sebelum Headphone Actor. Lucu saja melihatnya tidak bisa jujur sama perasaannya sendiri. >_<



- OUTER SCIENCE -

[Singer: IA]

Menceritakan tentang Kuroha yang mengetahui kebenaran Kagerou Daze dan menjadi gila karena itu. Dia berusaha untuk menghentikan/menghancurkan Kagerou Daze dengan membunuh semua anggota Mekakushi Dan, menstimulasi Mary menggunakan kemampuan 'ular penyatu'. Karena itu Mary selalu mengulang hari 15 Agustus saat semua anggota Mekakushi Dan berkumpul. Lagu ini biasa dikenal sebagai "Bad End" dari cerita Kagerou Project.



- SUMMERTIME RECORD -

[Singer: IA]

Menceritakan perasaan Haruka setelah petualangannya bersama Mekakushi Dan melewati Kagerou Daze. Lagu ini merupakan ending official dan lagu terakhir dari Kagerou Project, dengan menggambarkan bagaimana akhir cerita manis Mekakushi Dan.



Personal Comment:

Mungkin dari penjelasan cerita lagu diatas, kalian sudah dapat menghubungkan dan mengerti alur cerita, bahkan bisa jadi Spoilers Mekakucity Actors yang lagi tayang musim ini . Selamat memasuki dunia Kagerou Daze, dan terima kasih sudah membaca sampai akhir ^_^

Sumber Tambahan Referensi:

1 komentar: Leave Your Comments

  1. Tq atas artikelnya gan ,anime ini jadi no.1 spring tahun ini favorit gw (y) :D

    BalasHapus