Voice of Words

Shokugeki no Souma

0
"Gaya baru manga kuliner!!"


Informasi

Judul: Shokugeki no Souma
Tipe: Manga
Volumes: Ongoing
Status: ongoing
Diterbitkan : 26 November 2012 - ?
Genre: Shounen, ecchi, sekolah, .
Mangaka: Shun Saeki (art), Yuuto Tsukuda (Story), Yuki Morisaki (Story)
Penerbit: Shounen Jump (Weekly)
Peringkat MAL :241
Skor MAL: 8.40

- Sinopsis -


Mimpi Yukihira Souma adalah menjadi koki di restoran ayahnya dan melampaui keterampilan kuliner ayahnya. Tapi ayahnya, Yukihira Jouichiro, menutup restoran untuk bisa memasak di berbagai restoran eropa. Meskipun dipersulit dengan kondisi ini, semangat bertarung Souma di bangkitkan kembali oleh tantangan dari Jouichiro untuk bisa bertahan di sebuah sekolah elit kuliner dimana hanya 10% yang dapat lulus dari sekolah ini. Bisakah Souma bertahan?


- Story (9/10)


Tentu saja sudah banyak yang mengusung tema yang sama dari pendahulunya sebelum Shokugeki no souma ini rilis, yakni penceritaan dunia kuliner yang kalau dibahas sehari juga tak ada habisnya :3, lalu apa yang menjadi daya tarik dan kelebihan manga ini dibanding lainnya?!, dalam segi cerita cukup simpel, namun memberikan kita impact yang sedemikian besar, bagaimana mengubah sesuatu yang biasa jadi luar biasa, setiap penjelasannya pun dapat mudah dimengerti oleh pembaca dan terkesan sangat logis. kita dimanja akan berbagai jenis masakan-masakan lezat yang membuat kalian akan berkata "sepertinya enak" (*sambil mengusap air liur, slurpppp). 

 

Tujuan dari manga ini cukup jelas, mengikuti perkembangan souma dalam mengalahkan lawan-lawannya dipertandingan memasak antar sesama siswa yang disebut dengan "Shokugeki", tiap battle akan menampilkan masakan berbeda, dan tema yang berbeda pula, jadinya tiap lembar-lembaran manga ini akan membuatmu "excitement" sekaligus penasaran dengan apa yang akan terjadi selanjutnya?!, ada hal unik lainnya dari manga ini yang menjadikannya booming di Shounen jump. Tiap reaksi dari para juri setiap kali mencicipi makanan digambarkan dengan sangat kreatif dengan menampilkan reaksi over-dramatis yang lucu tiap kali melihatnya. yah apalagi kalau jurinya cewek, tidak tanggung-tanggung moment ecchi langsung dikeluarkan dengan dasyatnya. saya rasa kepuasaan para pembaca sangat diutamakan disini. kalau belum merasa puas mungkin anda perlu ke rumah sakit terdekat. hehehehe.



- Artwork (10/10)


Dengan tema kuliner pastilah kedetailan tiap masakan yang disajikan sangat diutamakan, sejak chapter pertama memang kualitas sudah memikat para pembacanya. tidak kalah dengan scene ecchi tiap reaksi yang ditampilkan para karakternya "its too damn high", mau bagaimana lagi, masalah art sudah ditangani oleh pakarnya, Shun saeki atau lebih dikenal dengan "Tosh sensei", mangaka juga yang sering membuat manga-manga ero sepanjang karirnya :3. Terlepas daripada itu bagian artwork dapat dikatakan telah memenuhi standar manga kuliner yang sangat baik.


- Character (10/10)


Shokugeki no souma merupakan manga yang banyak menampilkan karakter baru, berita baiknya tiap karakter memiliki perbedaan keterampilan, sifat, bahkan sesuatu yang unik, memudahkan kita untuk mengingat berbagai macam karakternya. Bagian "Karakter" juga merupakan bagian terbaik dari shokugeki no souma. 


Souma, karakter utama kita, yang sangat kita andalkan dan banggakan, walau dengan menggunakan berbagai macam bahan yang sederhana dan mudah didapat, dia mampu mengubah masakan biasa menjadi masakan dengan rasa yang luar biasa, selalu saja dikagetkan dengan "Yukihira style" sebutan gaya masak yang selalu dipakainya tiap kali mengikuti event "Shokugeki", sifatnya yang sangat percaya diri dan easygoing menjadikannya banyak disukai teman-temannya, dan sampai saat ini belum pernah mengalahkan ayahnya sekalipun dalam kompetisi masak, souma menjadi karakter terfavorit pilihan pembaca dengan jumlah 956 suara dari total 8225 suara. angka yang tidak mengejutkan lagi untuk karakter keren kita satu ini.


Selanjutnya Erina, heroine utama yang diprediksi bakal menjadi pasangan souma kelak, itupun kalau ia bisa mengalahkannya, bisa dibilang Mid boss :v, julukannya adalah sebagai "Lidah tuhan", dalam hal penjurian masak ia yang menjadi terbaik dibidangnya. keputusannya mutlak. Banyak restoran yang tutup karena penilaiannya. dengan sifat yang agak arogan, keras kepala dan sedikit tsundere, wajarlah keluarga terpandang di jepang. sepertinya akan sulit memasangkan dengan souma, hmm, kita lihat saja nanti.


Berpindah ke heroine utama lainnya, Megumi, dengan sifat yang sangat berbeda dengan souma, ia tidak memiliki determinasi yang tinggi, dan kepercayaan diri. sifatnya pemalu, ceroboh, dan sering panik kalau menghadapi situasi darurat, itulah mengapa ia hampir dikeluarkan dari sekolah karena nilai-nilainya yang semakin menurun. namun semua itu berubah ketika ia bertemu souma yang memberikannya keberanian dalam menghadapi tiap masalahnya, dengan gaya masak keibuan dan dengan rasa cintanya yang besar pada masak, seiring perkembangan cerita menjadikan megumi menjadi karakter yang patut diperhitungkan. Untuk karakter supporter lainnya yang semakin banyak bermunculan dan dengan keterampilan dan skill masak yang imba, membuat manga ini semakin menarik untuk disimak.


- Enjoyment/Overall (10/10)


Sudah membaca sampai chapter 67, rasa excited saya tidak berkurang sama sekali, walau dengan pengetahuan kuliner saya yang minim. shokugeki no souma memberikan sesuatu yang sangat berbeda dengan manga kuliner lainnya seperti Yakitake japan!, dan Chuuka Ichiban!. Waktu berjalan terasa cepat membaca manga ini, rasa adicted sangat kerasa, semakin dibaca akan berlanjut sampai chapter terakhir selesai, dan pada akhirnya kita harus menunggu rilisan mingguan. silahkan baca dan rasakan sendiri perbedaannya. ^_^


 

Favorite Quote:

It Wasn't Much! - Souma Yukihira

0 komentar:

Posting Komentar