Voice of Words

Inilah alasan kenapa figures original mahal !!

2
Pasti banyak yang bertanya-tanya kenapa figures dari sebuah anime maupun game sangatlah mahal, sayapun awalnya demikian. Berawal dari percakapanku dengan teman saya, mengenai figures one piece ori miliknya yang harganya boleh dibilang sangatlah mahal. sampai membuat saya sangat tertarik akan apa dan bagaimana sehingga bisa sampai begitu. jadi disini saya akan mencoba memberikan beberapa informasi apa yang menjadi alasannya:



1. Setiap image/karakter yang di akan diproduksi oleh sebuah perusahaan, selalu akan menyinggung yang namanya izin lisensi dan segala peraturan mengenai hak dagangnya, ini tentu saja tidak lepas dari yang namanya anggaran bukan?!

 

2. Proses pembuatannya sangatlah khusus dan membutuhkan skill yang ekstra. dengan melihat detail, model dan pewarnaan yang ditampilkan tentu saja sudah ada bayangan betapa sulitnya pengerjaannya. mulai dari bahan, cetakan, teknik pewarnaan yang dikerjakan secara langsung, quality control dan proses finishing penyempurnaan yang briliant. tentu saja dari penjelasan saya mungkin sudah ada gambaran kecil, tapi alangkah lebih baiknya kita langsung melihat pembuatannya secara langsung dari perusahaan "good smile company's":


Jangan tanya alasannya kenapa direct ke web lain yah, saya sengaja, mengingat informasinya akan lebih jelas dan lebih terperinci dari sumber originalnya langsung.

3.  Sudah tergambar jelas kan, bagaimana proses pembuatannya yang sulit. beralih pada jenis ukurannya; poin ini juga menentukan rendah tidaknya harga suatu figures,  dan memang semakin besar ukuran figures maka akan semakin mahal, melihat material dan biaya lain yang diperlukan untuk membuatnya.


4. Biaya pengiriman dan pajak yang dikenakan suatu figures menjadi hal yang sangat berpengaruh. apabila pemesanan terjadi diluar negara dari perusahaan produksi itu sendiri. dan memang sudah menjadi hal yang lumrah di era saat ini, dengan semakin meningkatnya teknologi yang mempermudah pemesanan online.


5. Perbedaan rumah produksi juga menjadi faktor penting yang membedakan tingkatan harga antara satu dengan yang lain. bisa jadi karena perbedaan material, kualitas, karakter, bahkan daya beli konsumen.


Sepertinya cuman itu informasi dan pengetahuan yang saya tahu, akan pembahasan kali ini, ada tambahan dari minna'san sekalian. silahkan ditambahkan. ^_^
sankyuu telah membaca sampai akhir, sampai jumpa lagi pada pembahasan selanjutnya. ^_^.

Sumber tambahan referensi:
http://www.nekomagic.com/
http://blog.chucksanimeshrine.com/2010/03/how-is-anime-figure-made.html#.U1Uvo1Ph3Dc


2 komentar: Leave Your Comments

  1. nice info, nilai tukar mata uang juga berpengaruh,.. terkutuklah kau kurs RP, bkin ga kuat beli ori T_T

    BalasHapus
  2. makasih masukannya mas fian, saya juga baru tahu kalau itu berpengaruh, maklum, saya belum pernah beli figures :3

    BalasHapus