Voice of Words

Anime Mirai 2014: Harmonie

2

[Review]

- Anime Mirai 2014: "Harmonie" -



Setiap orang memiliki dunianya tersendiri, dan yang bisa menghubungkan kita dengan orang tersebut adalah sesuatu yang sama atau hal spesial yang dapat mereka bagi satu sama lain. seperti inilah ungkapan penggambaran yang ingin ditunjukan film "Harmonie". Berkisah mengenai akio honjou yang tertarik dan penasaran dengan seorang cewek bernama Juri makina, heroine yang populer dan banyak memiliki teman sedang dirinya dengan sifat yang sedikit pemalu, dan tidak terlalu menonjol di kelasnya. Sangat terkesan bertolak belakang, hingga saat kejadian saat Hp juri berdering dengan melantunkan melodi lagu yang dibuatnya sendiri di tengah jam pelajaran. lalu apa yang terjadi selanjutnya?!, sehingga film ini menyajikan drama yang sangat menarik, silahkan nonton sendiri, saya hanya akan memberikan penilaian secara garis besar ^_^.



Dengan durasi yang kurang lebih 25 menit, setting tempat lebih banyak terfokus pada ruang kelas dan beberapa scene dalam sekolah lainnya. hal ini bukanlah suatu kekurangan atau kelemahan dari "Harmonie". Alur cerita tidak terkesan terlalu cepat maupun terlalu lambat, semua sudah diatur secara sistematis dengan potrait plot yang mengesankan hingga akhir, Konten drama yang disajikan cukup kental dengan membawa perasaan penonton makin memahami apa yang dirasakan dan apa yang ingin dilakukan oleh kedua tokoh utama akio dan juri. Jangan kaget kalau ada beberapa scene yang membuatmu merasa agak illfeel yah :3, karena memang kondisi cerita yang sangat realistis layaknya kejadian yang sering terjadi di sekeliling kita.


Film ini merupakan satu dari "Anime mirai 2014". Projek tahunan yang dibuat oleh Japanese Animation Creators Association (JAniCA) yang di danai langsung oleh pemerintah jepang sendiri dengan tujuan melatih dan mengembangkan generasi-generasi baru animator muda, Projek ini disebut dengan "The Young Animator Training Project". yang sudah dimulai sejak tahun 2010. "Harmonie" memiliki animasi dengan pergerakan yang halus, dengan mimik emosi yang cukup jelas, Dalam hal pewarnaan dan kecerahan juga memang memiliki kualitas tinggi tampaknya tidak perlu diragukan lagi Dana yang mengalir di studio "Ultra Super Pictures" sangatlah besar untuk karya yang satu ini.



Bagian audio berkaitan BGM, sangat sedikit sekali, kebanyakan akan mengarah pada dialog percakapan antara sesama karakter, jadi agak terasa sedikit sunyi senyap nuansanya. saya mengira akan keterusan sampai akhir, tapi prediksi saya melenceng, Salah satu Insert song dan melodi musik yang ditampilkan di pengunjung akhir bisa memecah kesunyian dan menyempurnakan moment berkesan yang ada didalamnya.



Pada akhirnya saya bisa mengatakan, durasi yang panjang bukanlah sebuah jaminan sebuah karya film menjadi sesuatu yang baik dan menarik. dan itu kita bisa lihat dari film animasi "Harmonie" ini. Keharmonisan Plot story dengan Pendalaman karakter menjadi daya tarik nyata yang kalian bisa temukan dalam "Harmonie". Jadi selamat menonton, sekaligus berikan penilaian dan support kalian ^_^

[Skor: 9/10]

Informasi:
http://myanimelist.net/anime/20903/Harmonie/


2 komentar: Leave Your Comments

  1. rating cuma 9 ??

    saya pikir 10 adalah rating yang cocok untuk anime ini :2jempol

    BalasHapus
  2. yah itu penilaian dari sudut pandang saya .. semoga berkenan. :3

    BalasHapus