Voice of Words

Space Brothers

0
"Don't judge a book by its cover" (Jangan menilai buku dari sampulnya) mungkin ungkapan ini yang paling cocok menggambarkan serial "Space Brothers" karya Chuya koyama, yang agaknya kurang peminatnya, Mari kita lihat apa yang menjadi daya tarik sebenarnya dari serial yang satu ini.
 


Informasi

Judul: Space Brothers (Uchuu Kyoudai)
Tipe: TV
Jumlah Episode: Belum diketahui
Status: Sedang tayang
Ditayangkan: 1 April 2012 sampai -???
Producers: Aniplex, Dentsu, A-1 Pictures, YTV, Sentai Filmworks, Japan Aerospace Exploration Agency, Trinity Sound
Genres: Komedi, Sci-fi, Luar angkasa, Slice of Life, Seinen
Durasi: 24 menit per episode
Rating: PG-13 Remaja atau Umur diatas 13 Tahun
Skor Mal: 8.33
Peringkat Mal: 181

-- Sinopsis --

Kehidupan Mutta hancur. Dia dipecat dari pekerjaannya dan sekarang harus pulang dan tinggal bersama orang tuanya. Sementara itu, adiknya, Hibito, sedang menjalani latihan untuk menjadi astronot, sebuah cita-cita yang juga diinginkan oleh Mutta. Dalam keadaan tersebut, Mutta berusaha mencari pekerjaan lain untuk menghidupi dirinya. Tapi tanpa diduga-duga, ibunya mengirimkan resume Mutta ke JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) atas permintaan adiknya setelah dia tahu bahwa kakaknya sudah tidak bekerja lagi.

Mutta pun diterima dan diperbolehkan mengikuti ujian seleksi untuk menjadi Astronot. Mutta selama ini berkeyakinan bahwa seorang kakak harus berada di depan adiknya. Tapi justru sekarang adiknyalah yang berada di depannya dalam mencapai cita-cita tersebut, "Keluar Angkasa". Mampukah Mutta mengejar adiknya tersebut? Apa saja yang dia hadapi dalam ujian seleksi astronot yang begitu ketat?

- Story (10/10)

Space Brothers merupakan serial yang penuh dengan determinasi, kerja keras, motivasi,dan tantangan dalam meraih impian. Banyak sekali hal positif dan pengetahuan yang akan kita dapatkan. Plot sangat realistis dan elegan tanpa adanya moment yang terlalu di dramatisir. Pengarang chuya koyama dibantu oleh JAXA (Japan Aerospace Exploration Agency) sangat sempurna dalam menyampaikan cerita mengenai Luar Angkasa, NASA, dan sesuatu yang berhubungan dengan astronomi. Saya sendiri yang awalnya tidak terlalu tertarik dengan hal-hal yang berbau luar angkasa dan ilmu astronomi menjadi sangat penasaran dan ingin tahu lebih banyak lagi.

Dengan sedikit menampilkan kilasan masa lalu dan menghubungkannya dengan masa sekarang, menjadikan ceritanya sangat menyentuh, melihat kerja keras kedua bersaudara ini dalam meraih impiannya. Berbagai macam sulitnya ujian, wawancara, praktek lapangan dan hal lainnya betul-betul di ulas, seakan memberitahu bahwa menjadi seorang astronot bukanlah hal yang mudah, malah boleh di katakan sangatlah sulit. Butuh usaha, Kerja keras, dan waktu yang sangat lama.

Dalam hal cerita uchuu kyodai merupakan yang terbaik di antara karya-karya yang juga mengusut Slice of life, "Bosan" merupakan kata yang tidak akan pernah anda temukan dari serial ini, dan memang sejauh episode yang saya tonton, lebih tepatnya sudah episode ke-95, saya belum mendapat hal yang seperti itu. apa yang kalian akan dapat dari serial ini adalah moment yang dapat membuatmu tertawa, menegangkan, bahagia dan juga ada saatnya anda akan menangis dibuatnya. "Truly a Masterpiece"

- Art/Animation (8/10)

Artwork yang dipakai, untuk hal detail, warna, & lingkungannya sangatlah sederhana, namun hal menarik dari uchuu kyodai adalah desain karakternya yang sangat mudah untuk dibedakan antara yang satu dengan yang lain, seperti mutta dengan rambut afronya, hibito dengan gaya rambut yang meruncing keatas, kenji dengan gaya rambut oldstyle, yah itu untuk poin pada rambutnya, terlebih pada penekanan model struktur wajah dan ekspresi emosi yang diberikan cukup realistis, tentunya karena mengangkat genre slice of life sudah tentu gaya seperti ini, A-1 Pictures sudah memperhitungkannya. Kerja bagus buat A-1 Pictures yang sudah mempersembahkan yang terbaik.

- Character (10/10)

Daya tarik kuat lainnya yang membuat saya sangat suka dengan Space Brothers karena adanya berbagai macam karakter hebat yang sangat menarik dengan personaliti yang begitu realistis. setiap karakter menyimpan kesan tersendiri, banyak kata-kata motivasi yang saya dapat dari para karakter space brothers. Nanba mutta memiliki karisma seperti halnya protagonist lainnya, hal yang membedakannya mungkin pada penampilannya yang kurang begitu meyakinkan dan Sifatnya agak pesimis, namun dibalik itu ia mempunyai semangat juang yang tinggi dengan ide-ide briliant yang selalu dikeluarkannya. Terkadang mutta selalu membuat saya bisa tertawa lepas dengan Skill "Inner personalitynya", ia terkadang berbicara dalam hati dengan guyonan-guyonan konyolnya. hal ini yang membuat saya semakin menyukai karakter mutta.

Tidak kalah dengan kakaknya, Nanba Hibito memiliki perangai yang agak serius, sikapnya yang selalu ceria membuatnya banyak disukai teman-temannya, dalam hal pekerjaan sebagai astronot tentu saja hibito lebih berpengalaman daripada mutta, tapi hal ini tidak menjadikan rasa hormat terhadap kakaknya berkurang, ia juga terkadang meminta nasihatnya. Hubungan persaudaraan sekaligus rival satu sama lain menjadikan mereka selalu melakukan terbaik untuk merealisasikan impian mereka.

- Music/Sound (9/10)

Pada bagian BGM dan tema musik Space Brothers memiliki sesuatu yang khas dan erat sekali kaintannya dengan "Luar angkasa" saya rasa atsmofernya saya sudah sangat dapat. OP dan ED dari episode awal sampai sekarang selalu memberikan nuansa semangat dan pas sekali dengan tema yang ada pada Space Brothers.

- Overall/Enjoyment (10/10)

Meskipun serial ini masih berlanjut sampai sekarang, saya yakin Space Brothers merupakan salah satu karya yang dapat disebut sebagai "Masterpiece", Kisah perjuangan dalam meraih impian yang dimulai dari dasar, dengan segala tantangan dan masalah yang begitu kental dengan realita yang ada di kehidupan ini. Sangat disarankan untuk ditonton bila anda menyukai serial "Bakuman".

"Only if you’re earnest about it…
An earnest failure has meaning”
-Nanba Mutta


0 komentar:

Posting Komentar