Voice of Words

10 Anime Terbaik Tahun 2006 Pilihan Tim AM-R

3
Menyempatkan diri lagi, memberikan ulasan singkat mengenai 10 anime terbaik tahun 2006 pilihan tim kami. Tahun yang penuh dengan karya-karya menarik dengan beberapa ide baru yang kreatif.



10) Bleach: Memories of Nobody (Movie)


Satu-satunya film layar lebar Bleach yang memberikan kesan mendalam. Tanpa begitu menggambarkan perjalanan cerita yang rumit, film ini mampu menyajikan hal berbeda mengenai kisah Ichigo sebagai shinigami. Namun tentu saja efek shounen masih terasa kental di sini. Lagi-lagi permasalahan serius mengenai 2 dunia antara dunia nyata dan Soul Society, dimana Ichigo dan Senna harus mencari cara agar kejadian ini tidak terjadi. Akhir cerita sarat akan makna sebuah pengorbanan. Diiringi lagu Sen No Yoru Wo Koete yang dibawakan oleh Aqua Times, tak terbendung lagi feels ini. ლ(ٱ٥ٱლ).

9) Tokimeki Memorial Only Love (TV Anime)


TV Anime Adaptasi dari Galge populer (Date Sim Game)Tokimeki Memorial series, lebih tepatnya Tokimeki Memorial Online buatan Konami. Seperti judulnya kalian akan dibawa kedalam kisah yang penuh dengan momen exciting tiap episodenya. Kalau bicara soal anime adaptasi galge, tak akan jauh dari kata "klise" tapi tetap saja bila dieksekusi dengan baik tentu akan lain ceritanya. Terfokus pada kisah cinta antara Riku Aoba bersama 3 heroine utama; Sayuri Amamiya, Tsukasa Kasuga, dan Mina Yayoi.

Selain fokus cerita utama, disisipkan juga komedi-komedi ringan kejadian lucu dan unik yang selalu dialami Riku karena keisengan para anggota osis khususnya si ketua osis. Tiada hari tanpa Riku harus berlari-lari berkeliling sekolah dikejar-kejar oleh para murid lainnya. Kisah romansanya begitu menyegarkan bukan karena fanservice seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini, namun dikarenakan bagaimana penyampaian dan intrik kisah yang tersusun rapi dan mudah dicerna, terasa sekali pure romance.

8) Hellsing Ultimate (OVA)


Dirilis tahun 2006 dan baru berakhir pada tahun 2012, sungguh projek dengan waktu yang sangat lama. Jadi bukan hal yang mengagetkan bila memiliki artwork yang superb. Berpusat pada tokoh utama Alucard, ultimate vampire yang mengabdikan dirinya melindungi keluarga Hellsing dari segala macam ancaman. Pertemuannya dengan Seras Victoria, gadis yang diubah menjadi vampire oleh Alucard, membuat frekuensi pengembangan cerita menjadi lebih baik dengan beberapa permasalahan yang lebih serius dengan munculnya organisasi Millenium, sisa-sisa dari Nazi yang bertujuan ingin membangkitkan Third Reich hingga menyebabkan perang besar-besaran di kota London. Dibalik itu semua ternyata masih ada tujuan lain dari Millenium.

7) Ouran High School Host Club (TV Anime)


Sebuah adaptasi TV anime dari manga karya Bisco Hatori. Berpusat pada Haruhi Fujioka yang terpaksa harus bekerja sebagai Host di klub sekolahnya, karena memecahkan vas bunga seharga 8 Juta Yen (Sekitar Rp. 927.269.200), (dasar anak-anak orang kaya suka famer nih, mau bagaimana lagi) (˵¯̴͒ꇴ¯̴͒˵). Sebagai pecinta reverse trap, anime yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Dengan gaya komedi romancenya yang bisa membuat ngakak sendiri. Karakter laki-laki tidak terlalu memperlihatkan kecantikan dan ketampanannya itu, berita baik bagi para penonton pria bisa agak nyaman untuk menontonnya. Seperti anime reverse harem pada umumnya, Haruhi akan dikelilingi oleh pria-pria tamfan dengan segala pesonanya. Konflik sebenarnya akan terasa dipengunjung akhir cerita, jadi untuk keseluruhan alur cerita terasa santai namun memiliki kesan yang menarik.

6) The Girl Who Leapt Through Time (Movie)


Salah satu karya sukses dari Satoko Okudera, film yang telah banyak menyabet berbagai penghargaan dari Sitges Film festival, Nihon SF Taisho Award, Japan Academy Prize dan Young Artist Awards. Tema perjalanan waktu memang tak ada habisnya terkadang penjelasannya akan terasa rumit tapi tidak untuk film yang satu ini. Siapa saja yang menonton akan dapat memahami situasi apa yang sedang terjadi. Lucunya, cara melakukan perjalanan waktu agak berbeda dengan karya lainnya yang penuh dengan teknologi (*≧▽≦)ノシ)). Perjuangan dan pengorbanan makoto demi merubah masa depan its so amazing.

5) Black lagoon (TV Anime)


Berpusat di kota Roanapur, Black Lagoon memperlihatkan anime dengan intesitas action tingkat tinggi dan artwork yang luar biasa. Tidak gampang menyajikan sesuatu yang erat kaitannya dengan dunia hitam kriminalitas. Salah satu karya Madhouse yang saya acungi jempol. Rokuro Okajima atau biasa dipanggil Rock (Di animenya kedengaran "Rokku", logat orang jepang dibawa-bawa hehehe) yang awalnya cuman pegawai biasa dari sebuah perusahaan berakhir dengan nasib sial karena suatu musibah, dan lalu bergabung dengan Lagoon Company bersama Revy, Benny dan Dutch. Intrik dan konflik menjadi makanan utama dalam black lagoon. Bayangkan saja Mafia Rusia, Hongkong Triad, hingga Yakuza berada dalam satu anime, jadinya gimana?! kalau kata Maddog sih "Greget".

4) Tales from Earthsea (Movie)


Film produksi studio Ghibli karya bapak Hayao Miyazaki, salah satu karya sukses yang pernah menduduki peringkat ke-4 film terbaik dalam kurun waktu satu tahun. Dengan pendapatan sekitar 900 juta yen (Sekitar Rp. 104.317.785.000) pada minggu pemutaran pertamanya di bioskop Jepang. Sungguh menarik melihat pencarian jati diri Arren, seorang pangeran dari Enlad yang sedang bimbang dan tak tahu apa yang harus diperbuatnya. Ditemani oleh ged yang selalu memberinya nasehat-nasehat dan pelajaran hidup yang sedikit demi sedikit mulai merubah erren dan mengerti akan pentingnya arti sebuah kehidupan.

Penggambaran dunia fantasy seakan menjadi hal yang sangat menarik kalau bersinggungan dengan studio Ghibli. Hingga akhir kisah Tales from Earthsea memberikan emosi mendalam terlebih hubungan antara Arren dan Therru. kita tidak tahu apa yang akan terjadi sampai pada saat itu tiba.


3) Gintama (TV Anime)


Entah sudah berapa kali dibuat ngakak karena serial yang satu ini!. Anime yang diadaptasi dari manga karya Hideaki Sorachi dengan fokus utamnya pada komedi tidak membuat Gintama kalah bersaing dengan karya populer lainnya. Sajian utamanya tidak hanyak komedi, namun action dan drama yang terdapat pada masing-masing arc spesial begitu mengesankan. Percampuran gaya dan tema samurai, alien, sci-fi dan hal unik lainnya merupakan andalan gintama.

Tidak jarang kalian akan disuguhkan dengan komedi parodi yang diambil dari karya populer lain, itulah mengapa gintama agak sulit untuk dicerna bagi yang pengetahuan AniManganya masih minim. Terlepas daripada itu Range gintama sangatlah luas karena mengangkat tema dan genre yang banyak. Pada akhirnya saya ingin mengatakan "Semuanyaaa ada disini rumah kitaaaaaaa" (≧∀≦)♪

2) Death Note (TV Anime)


Sangat jarang para pecinta AniManga yang tidak tahu karya ini, diadaptasi dari manga karya Tsugumi Obata sebagai penulis cerita dan Takeshi Obata sebagai manga artist. Berpusat pada Light Yagami, seorang siswa yang menemukan sebuah buku bertuliskan "Death Note", sesuai dengan namanya, buku ini dapat membunuh siapa saja hanya dengan menulis nama dan mengetahui wajah si korban. Alat pembunuh paling efisien yang pernah ada di dunia AniManga.

Sungguh hebat Obata sensei menulis cerita seperti ini, kita dihadapkan dengan 2 idealisme keadilan antara Light Yagami a.k.a. Kira dan L, tentukan pilihannmu? Pertarungan pikiran, mental psikologi, dan berbagai strategi diterapkan dengan sangat manis dalam anime asupan studio Madhouse. Sudah dapat dipastikan Death Note bisa membuatmu berpikir kembali tentang makna sebuah keadilan sebenarnya di dunia ini.

1) Code Geass: Lelouch of the Rebellion (TV Anime)


TV anime super populer karya kolaborasi Ichiro Okouchi dan director Goro Taniguchi yang tayang pada tahun 2006. Sebelum membahas lebih lanjut mari kita intip sedikit penghargaannya:
  • "Best TV anime series award" pada Tokyo Anime Awards tahunan ke-6 tahun 2007
  • "Most popular series award" pada Tokyo Anime Fair 2009
  • "Most popular male character" untuk karakter Lelouch Lamperouge pada Tokyo Anime Fair 2009
Dengan setting cerita dimana terdapat 3 kekuatan besar Britannia, Chinese Federation, dan European Union. Britania yang telah menguasai Jepang menggunakan teknologi terbarunya Knightmare Frame, merenggut semua kebebasan penduduk Jepang hingga terjadinya diskriminasi penduduk Jepang yang telah berganti nama dengan sebutan elevens.

Pertemuan antara Lelouch Lamperouge, pangeran Britania dan C.C membuatnya memiliki kekuatan Geass, dikenal pula dengan "kekuatan raja". Ia dapat mengendalikan semua orang semaunya dengan Geass ini. Sangat cocok sekali dengan karateristik dirinya yang sangat cerdas dalam hal strategi militer. Kemampuan ini dipakainya untuk membuat dunia dimana adiknya Nunnaly bisa hidup bahagia. Tapi apakah akan semudah itu?!, intrik, konflik, dan harapan tidaklah selalu sesuai dengan kenyataan, menjadikan serial ini menjadi anime paling direkomendasikan pilihan tim AM-R.

Demikian sedikit informasi sekaligus ulasan singkat kami, sekian dan terima kasih sudah membaca sampai akhir. (#⌒∇⌒#)ゞ

Sumber tambahan referensi: 


3 komentar: Leave Your Comments

  1. clannad gak masuk ya??? karya KyoAni banyak yg bagus kok di 2006, tapi Nice buat Best One emang Code Geass itu memukau

    BalasHapus
  2. Clannad keluaran tahun 2007 mas.. :3
    http://www.animenewsnetwork.com/encyclopedia/anime.php?id=7809

    BalasHapus
  3. 3 anime teratas emang top recommended lah
    gintama dengan comedynya yg ah sudahlah...
    dan death note dan code geass yg plotnya banyak memberi kejutan dan tentunya kemampuan beripikir dari main chara yg sangat memukau :3

    BalasHapus