Voice of Words

Ayane Sakura

1
[Seiyuu Corner]

Sedikit membahas mengenai Ayane Sakura. Untuk Musim ini, seiyuu yang satu ini saya jagokan. Selain Asumi Kana tentunya :3.




- Profil: -

Nama: Ayane Sakura
Nama Panggilan: Ayaneru
Tanggal Lahir: 29 Januari 1994
Tempat Lahir: Tokyo, Jepang
Agensi: I'm Enterprise

- Biografi Ayane Sakura -

Lahir ditokyo, jepang. Ayaneru memulai awal karirnya didunia seiyuu pada tahun 2010 dengan memerankan Supporter character pada anime Okami-san to Shichinin no Nakamatachi sebagai futaba, dan Oreimo untuk peran karakter sampingan seperti, maid, mikoto, yang hanya muncul tidak lama untuk beberapa episode. Walaupun pada tahun 2011 ayaneru sudah mendapatkan peran sebagai karakter utama untuk pertama kalinya, pada anime Yumeki Merry sebagai Merry Nightmare, belum dapat mendongkrak popularitasnya sebagai seiyuu, bahkan boleh dibilang keterampilan sebagai seiyuu belum begitu terasah dengan baik.


Namun seiring berjalannya waktu, kemampuan dan keterampilannya sebagai seiyuu meningkat dengan pesat, bisa dilihat sekarang bagaimana peran ayaneru dengan suaranya yang dapat melelehkan hati para penggemarnya. Tipikal suaranya cocok dengan karakter Moe, Tsundere, bahkan untuk karakter "cool  type" bisa diperankannya dengan baik. Bisa dikatakan ayaneru sudah pantas disejajarkan dengan kemampuan para veteran seiyuu yang memang sudah sangat berpengalaman dibidangnya.


Awal kesuksesan karirnya dimulai pada tahun 2012 dengan perannya sebagai Miyabi kannagi pada serial animasi Kono Naka ni Hitori, Imouto ga Iru!, heroine yang mengaku sebagai adik asli shougo. lalu berlanjut ke tahun 2013 dimana ayaneru mendapat segudang peran penting dibeberapa serial animasi seperti Fuyuna Shinzaki (Genei wo Kakeru Taiyou), Gasper Vladi (High School DxD New), Natsumi Koshigaya (Non Non Biyori), Rinne Ibara (Pretty Rhythm: Rainbow Live), Ladylee Tangleroad (Toaru Majutsu no Index: Endymion no Kiseki), Suzuka Dairenji (Tokyo Ravens), dan Akane Isshiki (Vividred Operation).



Dan pada tahun ini selain memerankan karakter moe lucu enerjik, kokoa (Gochuumon wa Usagi Desu ka?), sebelumnya ia mendapat peran yang agak berbeda dari biasanya, Sebagai Nadeshiko Kashima pada serial Mikakunin de Shinkoukei. Kenapa saya bisa berkata demikian, soalnya karakternya agak kalem dan cool begitu, yang selalu saja harus repot-repot melakukan "tsukommi" karena "boke" yang selalu dilakukan benio si siscon expert. nah dari sini ayaneru dapat dibilang multi talent dan tidak terlalu terpaku pada satu spesialis karakter saja.

Moe Funny Energic type >_<
Beauty Cool type ^_^
Sudah bicara panjang lebar mengenai bagaimana karir ayaneru didunia anime. tidak sempurna kalau tidak mengangkat apa saja peran yang didapatnya dalam dunia game. Lebih tepatnya sih akan fokus ke KanColle (Kantai Collection). Siapa penggemar KanColle yang tidak mengenal Shimakaze?!. Karakter Kancolle paling populer saat ini, dengan Fanart yang sudah mencapai kurang lebih 3.800 pic. Nah untuk seiyuu Shimakaze, ayaneru lah yang memerankannya.


Sebenarnya bukan cuman shimakaze, ada 8 buah karakter KanColle lagi. Berikut Daftar kapalnya :3 :

- Japanese battleship Nagato
- Japanese battleship Mutsu
- Japanese light cruiser Kuma
- Japanese light cruiser Tama
- Japanese light cruiser Kiso
- Japanese light cruiser Sendai
- Japanese light cruiser Jintsu
- Japanese light cruiser Naka


Tidak menyangka karater KanColle Favorit seperti Shimakaze diperankan oleh Ayaneru. Memang paling pas sih, Mendengar suara yang melengking dengan nada tinggi pada akhir perkataanya menjadi ciri khasnya tersendiri :3.

Ada yang perlu diketahui oleh para Fans Ayaneru. Teryata seiyuu cantik kita yang satu ini, fans berat lho sama Hanazawa Kana. Beberapa yang saya bisa kutip dari event radio yang dibawakan oleh ayaneru. Ketika di "Buka Houso" (tempat perekaman berbagai macam acara event radio). Kana'chan sempat melambaikan tangan kearahnya. dan itu membuatnya sangat bahagia sekali. rasanya seperti ingin selalu melalukan yang terbaik untuk karirnya. ia sangat menganggumi Kana'chan, sampai pernah berkata kalau kana'chan itu type seorang yang ideal baginya. Di salah satu acara radio ia pernah diminta memperkenalkan dirinya, bukannya memperkenalkan diri malah menghabiskan waktu membahas apa yang membuatnya menyukai kana'chan. pada akhir kalimat ia berkata "bukannya memperkenalkan diri malah menjadi event menembak.. (kokuhaku lol) *sambil tertawa lalu meminta maaf :v. Saking senengnya sama kana'chan, ia selalu mendegarkan acara radio "Hitori de Dekiru Kana" (Acara radio yang dibawakan oleh hanazawa kana) .
 
Terlebih untuk live concertnya. Beberapa kali ia sempat hadir, sampai kana'chan sendiri menyadari kalau memang ia seringkali datang untuk menonton acaranya. ^_^ wah.. wah sebegitunya sukanya sama kana'chan. salut deh. Menanggapi kalau ayaneru sangat mengidolakan kana'chan, ia cuman bisa berkata "saya akan melakukan yang terbaik untuk tidak menghancurkan imagenya kepadaku.., walaupun ia sering mendengarkanku di radio.. tapi akan berbeda kalau melihat orangnya langsung! bila ia melihatku melakukan hal-hal aneh dan konyol yang saya lakukan di radio, Imagenya terhadapku mungkin akan berubah! saya harus tetap mempertahankannya!" (Semangat-semangat lol)

Menjadi seorang seiyuu, pastilah dalam urusan menyanyi sudah jagonya. Dan memang kebanyakan begitu. Ayaneru juga masuk dalam kategori ini. Sudah banyak OP/ED, karakter song yang ia sudah bawakan seperti anime: Joshiraku, High School DXD new, Gochuumon wa Usagi Desu Ka?, Love Lab, Nakaimo, Non Non Biyori, Yumekui Merry, Seikoku no Dragonar dan juga Vivired Operation. Walaupun semuanya AniSong dan belum pernah mengeluarkan Single Solo satupun. Tetap enak didengar kok. Khususnya bagi para penggemarnya.

Kokoro no pyon.. pyonn *malah nyanyi
Teryata selain berbakat sebagai seorang seiyuu dan penyanyi, ia juga pandai dalam urusan menggambar atau melukis. sampai agensinya menjulukinya "Master Painter" dan memang hasil karyanya bagus-bagus semua. ia menggambar memakai aplikasi di komputer (entah aplikasinya apa, mungkin paint hehehe) waktu SD pernah bercita-cita menjadi Programmer.  Bahkan sekarang masih sering bermain-main dengan komputernya.

Jadi mangaka saja sekalian.. hehehe
Awalnya ayaneru merupakan anggota dari salah satu teater drama. Namun gurunya menyarakannya untuk menjadi seorang seiyuu, menilai suaranya memang sangat cocok dibidang itu. Dan akhirnya ia menjadi seperti sekarang ini. Dari saya sendiri sih sangat bersyukur ia bisa berkarya dalam berbagai anime dan game yang sering ia perankan. (Kanshaa ^_^) .. Sepertinya sekian dulu sedikit pembahasan mengenai Ayane Sakura. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Sampai jumpa lagi dipembahasan seiyuu selanjutnya.

Personal Comment:

Mendengar suaranya saat memerankan karakter Kokoa .. its so refreshing >_< ....



Sumber tambahan referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Ayane_Sakura
http://hashihime.blogspot.com.au/2014/04/seiyuu-sakura-ayane-ready-for-anything.html
http://ambiseiy.com/2013/10/15/sakura-ayane-and-her-love-for-hanazawa-kana/
http://myanimelist.net/people/11622/Ayane_Sakura
http://kancolle.wikia.com



1 komentar: Leave Your Comments