Voice of Words

Eve no Jikan

2
Mencoba mengulas Kembali serial keluaran tahun 2008 "Eve No Jikan" karya dari Yasuhiro Yoshiura, Sebuah serial pendek dengan penggambaran kisah menarik hubungan Manusia dan Androids/Robot, dengan kombinasi briliant antara Plot,Konflik dan Pengembangan karakter.



Informasi

Judul: Eve no Jikan
Tipe: ONA (Original Net Anime)
Jumlah Episode: 6
Status: Tamat
Ditayangkan: 1 Agustus 2008 - 18 september 2009
Producers: Studio Rikka, Directions. Code, Trick Block
Genre: Sci-Fi, Slice of Life
Durasi: 17 Menit per episode
Rating: PG-13 Remaja
Skor MAL: 8.40
Peringkat MAL: 140

-- Sinopsis --

Eve no Jikan ini bercerita tentang jepang di masa depan yang sudah memakai robot/android untuk membantu manusia sehari-hari. Android ini dibuat mirip dengan manusia, namun yang membedakan manusia dan android ini yaitu kalau di android terdapat sebuah cincin melingkar di atas kepalanya.

Tokoh utama serial ini adalah Rikou, seorang pelajar SMA. Dia telah diajarkan sejak kecil bahwa androids dan manusia tidak sama dan fungsi mereka hanyalah sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan. Suatu hari Rikuo menemukan beberapa data yang aneh dalam catatan perilaku androidnya Sammy. Rikuo dan temannya masaki, mengikuti Sammy dan ternyata menemukan sebuah kafe misterius yang memiliki sebuah aturan, yaitu "manusia dan robot harus diperlakukan sama".

- Story (9/10)

Dengan setting tempat yang berlatar pada masa depan ENJ (Eve no Jikan) tidak terlalu berlebihan dalam menggambarkan kondisi masa depan, tapi lebih terkesan seperti kondisi pada masa sekarang. Ide briliant dan sangat atraktif yang ditunjukan oleh Yasuhiro Yoshiura bagaimana menciptakan konflik sekaligus drama yang menarik mengenai kondisi komunitas masyarakat mengenai hubungan antara manusia dan robot/android dengan gaya slice of life, tentu saja akan ada Pro dan Kontra bagaimana manusia seharusnya memperlakukan android mereka?! apakah sebagai objek yang tidak memiliki jiwa yang tidak bisa menyampaikan emosi perasaan mereka atau memperlakukan mereka seperti sama halnya manusia.

Pengembangan alur akan lebih terfokus pada keseharian Rikuo di Kafe "Time Of Eve" (Eve no Jikan) tempat dimana tidak adanya diskriminasi android/robot. Rikuo sebagai Protagonist akan dihadapkan dengan dilemma dengan kebenaran yang didapatnya di kafe "time of Eve", Bagaimana dia harus menyikapi dan sebaiknya apa yang seharusnya dilakukannya mengenai hal yang sedang terjadi disekitarnya?! dengan hanya 6 episode yang cukup singkat . ENJ saya bisa katakan tidak ada episode yang terbuang percuma, semuanya sudah dibuat dengan sangat baik. dan itu menjelaskan kenapa karya ini memiliki kisah yang sangat menyentuh mengenai hubungan antara manusia dan robots/android.

- Art/Animation (10/10)

Selain daya tarik alur cerita, Eve no Jikan kaya akan Artwork yang Outstanding dengan tingginya kualitas detail hingga pemakaian CGI yang superior, banyak juga yang berpendapat karya dari Yasuhiro Yoshiura, dapat di sandingkan dengan karya dari Makoto Shinkai, dan memang saya setuju dengan hal itu. dengan bakat artistiknya, komposisi dari design character sampai environtment artwork terlihat sangat briliant dengan gaya yang sederhana namun terlihat sangat indah. Desain karakternya juga sangat mudah untuk diingat dan dibedakan antara satu dengan yang lain. hal ini cukup jarang kita temukan untuk beberapa serial animasi lainnya.

- Character (9/10)

Hal lain yang membuat Eve no Jikan sangat layak untuk ditonton, adalah setiap karakter memiliki persona karakteristiknya masing-masing baik itu dari dari pihak manusia maupun androids/robot, Seringkali protagonist di bingungnkan dengan pertemuan para karakter lain yang ada di kafe "Time Of Eve" bagaimana mereka menyatakan perpektif dan pendapat tentang halnya kondisi komunitas masyarakat pada serial ini. sangat menghibur melihat perbedaan sikap dan tingkah laku para androids antara luar dan di dalam Kafe "Time of Eve".

- Sounds/Music (8/10)

Tidak banyak hal yang dapat di nilai dari pengambilan musiknya, hampir semua terlihat biasa, namun semuanya telah sesuai dengan atsmofer pada tiap adegannya, hal yang berkesan sepertinya ada pada ending temanya "Yasashii jikan no Naka de" oleh Tanaka Rie. Cukup membuat saya bisa memberikan nilai lebih pada Eve no Jikan.

- Enjoyment/Overall (9/10)

Selain karya dari studio ghibli yang kaya akan pesan moral, serial Eve no Jikan juga memiliki hal-hal positif yang bisa kita petik didalamnya. Serial yang penuh dengan emosi Eksploitasi dari penyampaian perasaan setiap karakter menjadikan kisah ini sangat menyentuh dan sangat di rekomendasikan untuk ditonton. Khususnya bagi pencinta Animasi dengan gaya Slice of Life.



2 komentar: Leave Your Comments

  1. Eve no Jikan, ketika android menjadi kasarannya pembantu rumah tangga. ya ada beberapa kesamaan dengan film action yang diperankan Will Smith dalam film I, Robot. pada dasarnya kontekstual anime ini adalah adalah memanusiakan android. dimana si lakon pada awalnya tidak terlalu ambil pusing terhadap android ketika seiring perjalanan waktu rupanya android miliknya ada suatu penyimpangan. hmmm ... memang hal yang kompleks. untuk mas Irul terimakasih sinopsisnya. sukses selalu buat anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sankyuu mas alvin, tidak di sangka bisa ketemu lagi di blog.. hehehe
      makasih juga atas komennya saya juga baru sadar klu ada kesamaan dengan film I Robot.

      Hapus