Voice of Words

Rie Kugimiya

0
[Seiyuu Corner]

Akhirnya tiba juga pada pembahasan seiyuu yang di juluki  "Queen of Tsundere" , siapa lagi kalau bukan Rie Kugimiya, bagi para pecinta karakter tsundere, saya rasa pasti mengenalnya, kalau tidak kenal, saya cuman bisa bilang "Kasian" hehehe.





-Profil-

Nama: Rie Kugimiya
Nama Panggilan: Kugyuu, kugimi, kugi
Tanggal Lahir: 30 Mei 1979
Tempat Lahir: Osaka, Jepang
Tinggi Badan: 159 cm
Gol. Darah: B
Hobi: Membaca

-Biografi Singkat Rie Kugimiya-

Rie Kugimiya lahir tanggal 30 Mei 1979, di osaka, jepang. ia tumbuh besar di kota Kumamoto yang berlokasi di pulau kyushu, salah satu dari 4 pulau utama paling selatan jepang. Debut karirnya di mulai pada tahun 1999 dengan mengisi suara dari karakter anime Yukari dari Excel Saga. Rie Kugimiya banyak dikenal karena perannya sebagai Alphonse Elric (Full Metal Alchemist), Shana (Shakugan no Shana), Louise (Zero no Tsukaima) dan Kagura (Gintama), tentu saja masih banyak perannya yang terkenal selain yang saya tampilkan disini. Beberapa nama panggilan lucunya Kugyu, kugi dan Kugimi. Sesuatu yang berhubungan dengan bacaan dongeng, Kolam renang dan strawbery merupakan favoritnya. warna favoritnya biru muda, Rie juga sangat terampil memainkan Baton.


Banyak Fansnya menjulukinya "Queen of Tsundere" karena banyaknya peran yang ia dapat dalam mengisi karakter gadis kecil dengan sifat tsundere yang kekanak-kanakan, seperti Taiga Aisaka dari Toradora, louise,nagi, juga shana. selain karakter dengan tipe suara yang terdengar seperti anak kecil, ia juga mampu memerankan karakter dengan suara lembut orang dewasa. memang bakat dan talenta Rie sebagai seiyuu sangatlah hebat. bisa dilihat dari berbagai penampilannya pada masing-masing karakter sampai sekarang ini. Rie juga banyak mendapat penghargaan pada Seiyuu Awards, adapun kategorinya:

- 3 Maret 2007, "Best Actress in Leading Role" atas perannya sebagai Louise (Zero no Tsukaima) pada Seiyu Awards Pertama
- 8 Maret 2008, "Best Actresses in Supporting Roles" atas perannya sebagai Shana (Shakugan no shana), Nagi Sanzenin (Hayate no gotoku) pada Seiyu Awards ke-2
- 7 Maret 2009, "Best Actress in leading role" atas perannya sebagai Taiga Aisaka (Toradora) pada Seiyu Awards ke-3

Ada hal menarik mengenai Rie Kugimiya, mungkin beberapa dari kalian sudah ada mengetahui tentang "Kugimiya Disease", kalau di indonesiakan sih, berarti Penyakit Kugimiya, tapi bukan berarti rie yang punya penyakit.., Ungkapan ini sangat terkenal dikalangan para otaku, Kugimiya Disease, merupakan penyakit yang sangat mematikan yang ada di komunitas para otaku, siapa saja yang menganggap suara seiyuu Rie Kugimiya itu MOE, bisa menjadi korban dari "kugimiya disease". hohoho. Asal usul penyakit ini berasal dari Saimoe 2007, di mana 3 karakter yang di suarakan oleh Rie Kugimiya sangat menonjol dalam kompetisi voting ini, 3 karekter terkenal ini mendasari pembagian 3 jenis tipe penyakit kugimiya yang sangat mematikan *lol

Umi da, bikini dayo, Fanservice desuyooo ... nyahahaha
- Tipe S : Shana dari Shakugan no Shana
- Tipe L : Louise dari Zero no Tsukaima
- Tipe N : Nagi dari Hayate no gotoku


Gejala-gejala yang di timbulkan oleh korban "Kugimiya Disease"

- Cenderung menyukai gadis muda tipe tsundere yang berdada rata, *pettanko desu
- Keinginan untuk selalu di marahi karakter tsundere meningkat, klu sudah akut bisa menjadi Masokis. *eitss bahaya uy
- Tidak pernah merasa bosan mengulangi kutipan-kutipan seperti "urusai! Urusai! Urusai!

Dan satu lagi Tipe "Kugimiya Disease" yang sangat berbahaya, Tipe T : Taiga Aisaka dari Toradora, Endemik yang satu ini mengakibatkan seseorang jadi tidak terkendali. *harus hati-hati dengan tipe yang satu ini sodara-sodara :v , Pertanyaannya apa kalian sudah terjangkiti oleh "Kugimiya Disease"????, kalau saya sih 4 tipe kayaknya sudah pernah.. wuehehehehehe. Memang seiyu yang satu ini, tidak pernah membuat saya bosan dengan karakter-karakter yang diperankannya, selalu ada saja kesan yang diberikan, khususnya untuk karakter tsundere, Rie Kugimiya adalah yang terbaik di bidangnya. 

Rie Kugimiya Overdrive :v
Rie juga merupakan seorang penyanyi, cukup banyak album dan single yang telah di keluarkannya, khususnya untuk AniSong (lagu anime), hampir disetiap peran yang di mainkannya sering sekali ia menyanyikan bagian dari lagu opening atau ending, sampai pada lagu karakternya. seperti lagu Orange, dari ending toradora, Karakoi dari ending hayate no gotoku, Love x Heaven, opening dari Ladies versus Butler!, dan masih banyak lagi, lagu yang dinyanyikannya. Tampaknya sampai di sini saja pembahasan mengenai Rie Kugimiya, terima kasih telah membaca, see u next time di pembahasan selanjutnya. sankyuu!!!


Sumber tambahan referensi:

http://myanimelist.net/people/8/Rie_Kugimiya
http://www.squidoo.com/rie-kugimiya
http://quentinlau.blogspot.com/2008/11/kugimiya-disease.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Seiyu_Awards


0 komentar:

Posting Komentar